Pages

Senin, 27 Oktober 2014

TANYA JAWAB TENTANG JENAZAH

BAB 3
JANAZAH

36. S O A L  :
Apakah ada ta’bir yang membolehkan sholat janazah tanpa wudhu ?
J A W A B  :
Menurut Madzahibul arba’ah tidak ada.
Keterangan    Mizan Kubro  hal 24.
وعبارته: ومن ذالك قول الائمةالاربعة : ان الطهارة شرط في صحة الصلاة على الجنازة  مع قول الشعبي :
37.S O A L :
Ketika janazah akan di ulesi/bungkus biasanyadi beri kapas tiap2
lubang dan ros2 san badan, apakah masalah tersebut ada dasar
hukumnya ?
J A W A B  :
Ada.tapi perlu dimengerti,bahwa yg di sunah kan kapas tidak semua
ros2 san, tapi hanya anggota mayit yang di pakaisujud yang  banyak nya 7
Keterangan  : Bajuri juz 1  hal  248 .
وعبارته : [ قوله ويكفن الميت ] اى بعد غسله اوبدله ويسن ان يكفن بمغسول لاجديد لأنه للصديد وان يذرعلى الكفن  وعلى الميت حنوط فهونوع من طين   وان تشد اليها  بخرقة  وان يجعل على منافذه ومحل  سجوده  قطن عليه حنوط .

38. S O A L :
Adat orang jawa apabila akan memberangkatkan janazah anak cucu
di suruh brobos / lewat di bawah nya. Bagaimana hukumnya ?
J A W A B : Hukumnya  Harom .

Keterangan :1. Hasyiyah Jamal Ala syarhi Minhaj juz 2 hal 165  
                    2. I’anah  juz 4  hal  136 .
وعبارته:  قال في المطلع :  والتزحم على النعش والميت بدعة مكروهة. وكان الحسن  اذارأهم  زدحمون  يقول  اخوان  الشياطين. وعبارته: والحاصل ان الأنحناء لمخلوق كما يفعل عند ملاقاة العظماءحرام عند الاطلاق  اوقصد تعظيم لاكتعظيم  الله تعالى وكفرات قصد تعظيمهم كتعظيم الله  تعالى .
  9.S O A L  :
Bagaimana hukumnya wanita muslimah yang mati di perkosa, baik
atau buruk ?
J A W A B  :  
Mati  baik. Juga syahid akhirot.              
Keterangan :   Bajuri jus  1 hal   244 .
وعبارته: واما شهيد الأخرة فقط فهوكغير الشهيد فيغسل ويلقن 
واقسامه كثيرة فمنها الميتة طلقا  الخ. الى والمقتول ظلما  الخ.

40.S O A L  :
Bagaimana memberi tulisan doa’ Al aman kepada mayit yang akan Dimakam kan ?
J A W A B  :     Khilaf diantara para ‘Ulama’.
1.      Boleh / jawaz . 
2.      2 . Harom.
Keterangan :   1. Khozinatul asror hal 152. 2. Syarqowi juz1. hal 245.
           3. Fathul Mu’in  hal  97.
وعبارته:[ ومن خواصها ] اذا كتبت ووضعت على الميت فى القبر فانه لايعذب فى القبر وترفق به الملائكة عند السؤال كذا فى شمس  المعارف. ثم اعلم ان كتابة الأية والسرة من القران على جبهة الميت اوعلى عمامته او كفانه  يجوز بلاكرهة ولم يعتبر العلماء تنجس الميت .  وعبارته : وما  ذكره الأذرعى منحرمة  كتابة القرأن على القبر  لتعرضه للدرس والنجاسةوالتلويث بصديد الموتى بتكرار السنين  مردود باطلاقهم لا سيما والحذور غير محقق. وعبارته : ويحرم كتابة  شيئ من القرأن واسماء الله تعالى على الكفن ولابأس بكتابته بالريق لأ نه لايثبت
41.S O A L  :
Janazah yg tubuh nya hancur bagaimana cara memmandikan ?
J A W A B :
Cara memandikan se imkam nya/ sekuasanya.
Keterangan: 1. Al bujairimi juz 1 hal 485  486. 2. Muhadzab  Hal 134.           
       3.Fathul Wahab juz 1  hal 97.
وعبارته:[لووجد حزء ميت مسلم] غير شهيد[صلي عليه]بعدغسله وستره بحرقة ودفن كالميت  الحاضر وان كان  الجوز ظفرا  اوشعرا  فقد صلى  الصحابة على يد عبدالرحمن  ابن عتابابن أسيّد وقد  القاها  نسرفي وقعة الجمل  وعرفها  بخاتمه رواه  الشافعى  لكن قال  في العدة  لايصلى على الشعرة الواحدة وعبارته. [ فصل ]  وان  وجد بعض  الميت غسل وصلي عليه  لأن  عمر رضي الله عنه صلى على عظام  بالشام وصلى ابو عبيدة  على رؤس.
42.S O A L :
Bagaimana  hukumnya  ta’ziyah dan sholat  janazah  kepada orang  
yang meninggal dunia karena mabuk / zina ?
J A W A B  :   Hukumnya sunah.
Keteranga  :  Fiqih Sunah juz 1 hal 391 .                      
وعبارته:التعزية مستحبة ولوكان الميت ذميا.

43.S O A L :
Mudhoni janazah itu 1 kali atau 2 kali ?
J A W A B : 1 kali saja & sunah sebelum dimandikan.
Keterangan :  1. Bajuri juz 1 hal 255 . 2. Kasyifatu saja  hal  95 – 102
وعبارته:[ ويغسل الميت] وترا ثلاثا  اوخمسا او اكثر من ذالك [ قوله ويغسل الميت ] ويسن ان يوضاء قبله كالحي.

44.  S O A L :
Adakah nash hadis yang menerangkan sebaiknya  tangan  janazah  
dilipat  (sedakep : Jawa) ?
J A W A B :
Tidak ada nashnya , namun juga tidak ada larangan untuk dilaku                                                                                                                                                   
Keterangan : Assyarwani juz 3 hal 126.                                         
وعبارته:[مستلقيا ]  وهل يجعل يده على صدره  اليمن على اليسرى اويرسلان في جنبه ؟  لانقل في ذالك. فكل من  ذالك حسن.
                               
45. S O A L :
Bagaimana cara membawa mayyat kekuburan , kaki atau kepalanya Harus dimuka ?
J A W A B :
Cara yg disunahkan adalah  kepalanya dimuka ( arah jalan ) baik  
arah  qiblat / tidak .
Keterangan : Assyarwani juz 3 hal 130.
وعبارته: [قوله الى تنكس رأس الميت]يؤخذ منه  ان السنة فيوضع رأس الميت في حال السير ان يكون الى جهة  الطريق سواء القبلة اوعيرها.    
46.S O A L
Ada seorang terluka , dalam peperangan lalu diamankan , setelah  1. minggu  dia mati  sedangkan  peperangan masih  ber langsung , ter masuk syahid kah Orang tersebut ?
J A W A B :
Termasuk syahid dunia akhirat bila matinya sebab perang .
Keterangan : Al majmu’ ju7z 4 hal 261 .
وعبارته :[الثالثة] السهيد الذى  لايغسل  ولايصلى  عليه هو من مات  بسبب  قتال الكفار حال قيام  القتال الى ان  قال.. وسواء مات  في الحال  ام بقي زمن ثم مات بذالك السبب قبل انقضاء الحرب  اهـ.
       
47. S o a  L :
Menaruh bunga dalam pot di atas kuburan apakah bisa mendaapat
Kesunahan ?    
J A W A B : Bisa mendapatkan kesunahan .
Keterangan : Al Bujarimi ‘alal manhaj juz 1 hal  496.
وعبارته: ويسن ايضا وضع الجريدة والرحان ونحوها عليه[وقولهوغيرها] اى من الاشياءالرطبة فيدخل فيه البرسم ونحوه من جميع النباتات الرطباة

2 komentar:

Unknown mengatakan...

ngalap barokah yai...

Unknown mengatakan...

Bagaimana hukum nya air suci untuk memandikan jenazah terkena air cipratan yg dipake memandikan jenazah, semisal air ny di mebel / bak air yg di simpan persis di Samping jenazah. Hal ini seringkali sya lihat ketika amil melakukan proses memandikan jenazah.
Perasaan sya gak nyaman melihat hal sperti Itu.
Beda cerita ketika yg memandikan mayit sarana air ny memakai air yg keluar dri selang air Dan Langsung tanpa Ada bak ny

Posting Komentar